Laman

Sunday, February 20, 2011

Fungsi Perekam Makro Di Microsoft Word

Topik : Perekam Makro
Makro merupakan serentetan perintah atau instruksi yang dikumpulkan bersama dan dieksekusi dalam satu perintah. Makro diciptakan untuk mempersingkat sebuah pekerjaan yang diulang-ulang, dan untuk itulah makro diciptakan.
 Di Microsoft Word ada sebuah engine yang digunakan untuk merekam sebuah pekerjaan, dan kita akan membahas sedikit tentang engine tersebut, berikut langkah-langkahnya;
Pertama klik Tools > Macro > Record New Macro.

Macro

Selajutnya akan muncul “Record Macro”, setelah itu di isi Macro Name (nama makro-nya), Assign macro to (untuk menjalankan macro melalui toolbar atau keyboard disini saya menggunakan Alt + S untuk mengoperasikannya), Store macro in (intinya menempatkan macro di seluruh dokumen atau hanya satu dokumen), Description (isi dengan deskripsi dari makro yang diinginkan, Selanjutnya klik Ok.

Macro

Pada layar Microsoft work akan muncul jendela macro, klik Play untuk merekam apa yang kita lakukan, setelah itu klik stop untuk menghentikan proses rekaman.

Macro

Layar pada canvas Microsoft word akan kembali seperti semula, untuk menjalankannya Klik Alt + S (disetting tadi di assign macro to) maka akan terlampir apa yang kita rekam sebelumnya.

No comments:

Post a Comment