Laman

Saturday, February 19, 2011

Sistem Informasi Berbasis Web

Perancangan Sistem  Informasi Berbasis Web BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Komputer adalah kekuatan yang dominan di dalam masyarakat. Penggunaannya terus saja berkembang dari tahun ke tahun yang mulanya hanya sebagai mesin pengolah informasi dan saat ini komputer lebih beragam penggunaannya terutama dalam dunia internet.
Teknologi inormasi tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan dunia informasi internet saat ini.Informasi merupakan salah satu kebutuhan didalam suatu instansi,perusahaan,organisasi,lembaga serta lingkungan yang berada diluar sistem.Adapun pengertian internet yaitu sekumpulan jaringan komputer yang saling terhuubung satu dengan yang lainnya di seluruh dunia dan berkomunikasi dengan cepat.Informasi yang disajikan dunia internet sudah sangat global dan selalu diusahakan on time sehingga waktu update suatu informasi sangat cepat.
1
 
Teknologi informasi pada saat ini telah berkembang sangat pesat sehingga mempunyai dampak dalam meningkatkan efektifitas dan keefisienan dalam melakukan setiap pekerjaan. Mungkin suatu kenaifan kalau berbicara tentang teknologi informasi dan komunikasi, tanpa membicarakan suatu benda yang bernama komputer. Komputer merupakan suatu media elektronik yang memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan yang terjadi saat ini.
Komputer bukan lagi barang mewah atau sesuatu yang langka untuk dimiliki oleh seseorang seperti awal kedatangannya, tetapi sudah menjadi suatu keperluan bahkan kebutuhan yang sangat bersifat umum dan fital, terutama bagi perusahaan dan badan instansi baik milik pemerintah maupun swasta. Penggunaan komputer telah berkembang menjadi sebuah sarana komunikasi dan edukasi yang paling cepat saat ini. Sehingga pengunaannya menjadi penting di setiap sendi-sendi kehidupan masyarakat,termasuk dalam proses perolehan informasi pada suatu perusahaan ataupun dalam dunia pendidikan.
Sejak munculnya teknologi Internet, proses pengiriman, penyampaian, serta penerimaan informasi itu sendiri menjadi lebih cepat dan efektif.Seiring berkembangnya teknologi internet,maka aplikasi web atau yang sering juga disebut dengan perangkat lunak berbasis web ini baik dari segi penggunaan,ukuran,dan bahasa pemrograman yang digunakan serta kompleksitasnya juga ikut berkembang.
Aplikasi ini telah banyak yang bersifat dinamis dan task oriented.Cara kerja komputer yang cepat dan praktis dalam pengolahan data membuat komputer banyak digunakan oleh organisasi atau perusahaan.Oleh karena itu alangkah bagusnya jika sekolah juga menggunakan teknologi komputer dalam pengolahan data maupun informasi.Dengan pertimbangan tersebut penulis memilih judul “Sistem Informasi Berbasis Web Pada SMA N 11 Purworejo”.
Seiring dengan perkembangan internet,teknologi web dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang sangat pesat.Karena itu,banyak orang yang sudah mendengar bahkan mengetahui bagaimana membuat suatu dokumen di internet,yang salah satunya dengan menggunakan script HTML.Biasanya pemrograman yang digunakan adalah PHP dan server yang digunakan MySQL,yang keduanyaadalah software open source.
Dalam perancangan sistem informasi berbasis Web pada SMA N 11 Purworejo ini penulis menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL dan beberapa software pendukung seperti Apache dan Dreamweaver.
Penulis melakukan penelitian di SMA N 11 Purworejo sebagai langkah awal bagi sekolah untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas siswa.Secara umum dengan adanya web sekotu sekolah untuk memiliki wadah atau media guna menginformasikan dan mengkomunikasikan profil,potensi,kegiatan dan berbagai keunggulan yang dimilikinya kepada masyarakat umum juga membantu sekolah untuk memiliki media komunikasi global yang efektif baik untuk kepentingan intern (manajemen sekolah,pengajar,siswa) maupun sebagai komunikasi global dengan berbagai pihak ekstern.Oleh karena itu,penulis mencoba merancang suatu sistem perancangan data berbasis di SMA N 11 Purworejo,dengan membangun aplikasi web dan internet dijadikan sebagai media penghubungnya.






B.  Rumusan masalah
Pengolahan data siswa dengan menggunakan komputer akan dapat menghemat waktu dan dapat mengefisienkan pengerjaan pengolahan data pada SMA N 11 Purworejo.Dengan demikian dapat diidentifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana membentuk sebuah pemograman berbasis web untuk mengolah data pada sekolah tersebut dengan efektif dan efisien sehingga dapat terorganisasi dengan baik.

C.  Batasan Masalah
Agar pembahasan masalah tidak menyimpang dari tujuan penelitian, maka berikut adalah beberapa batasan yang perlu dibuat, yaitu:
  a. Website ini akan menampilkan halaman-halaman web yang statis maupun dinamis mengenai sistem informasi SMA N 11 Purworejo,seperti data guru dan data siswa.
 b. Aplikasi ini dibangun dibawah sistem operasi Windows XP Professional Services Pack 2.
c. Website yang dibangun mendukung bahasa pemograman web yang lainnya seperti HTML (Hypertext Markup Language), CSS (Cascading Style Sheets),dan Javascript.
d. Aplikasi ini dibangun menggunakan Macromedia Dreamweaver 8.
e. Aplikasi dibangun menggunakan aplikasi web server Apache2triad yang terdiri dari Apache, PHP, dan MySQL.


D.  Tujuan Penelitian
1.Untuk merancang sistem informasi pada SMA N 11 Purworejo dengan menggunakan bahasa pemograman HTML, PHP, dan MySQL.
     2. Memberikan layanan dan informasi kepada warga SMA N 11 Purworejo untuk meningkatkan pelayanan secara luas dan efektif.

E.   Manfaat Penelitian
1.    Hasil  penelitian dapat melengkapi  informasi tentang  perkembangan  sarana dan prasaran pada SMA N 11 Purworejo.
2.    Memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis website sebagai alat untuk menggali infromasi ,data dan pontensi yang di miliki oleh warga SMA N 11 Purworejo.

F.   Metodologi penelitian
Metodologi penelitian yang digunakan penulis, meliputi antara lain:
1. Penelitian lapangan ( Field Research )
Penelitian dilakukan langsung ke SMA N 11 Purworejo untuk mendapatkan data dan system yang sedang berjalan sekarang dimana penulis melakukan pengumpulan data dengan dua cara yaitu:
a. Wawancara
Wawancara yang dilakukan penulis adalah meyakinkan data yang diperoleh akurat. Dalam pengumpulan data tersebut penulis mewawancarai guru dan siswa. Untuk mengetahui apa dan bagaimana dari kegiatan pengolahan data tersebut serta kemampuan memberi informasi yang tepat dan jelas.

b. Observasi

Observasi yang dilakukan penulis adalah untuk mengamati dan mengetahui secara langsung jalannya sistem yang sedang berjalan saat itu dan proses kerja dari tugas masing-masing serta melihat format-format laporan dalam sekolah tersebut yang digunakan saat itu.

2. Penelitian Kepustakaan
Penulis melakukan penelitian keperpustakaan dengan tujuan agar memperoleh data teoritis yang bersumber dari buku-buku ilmiah dan tulisan yang berkaitan dengan komputer dan masalah-masalah yang berkaitan dengan tugas akhir ini.

No comments:

Post a Comment